Minggu, 02 Oktober 2011

Tips Sukses Sekolah

Buat jurnal harian, mingguan dan semester untuk tugas-tugas dan untuk merencanakan bagaimana memakai waktu anda.
Seorang yang mampu mengatur waktunya secara efektif adalah bukan orang yang hanya mengandalkan ingatan mereka untuk mengingat hari maupun tanggal-tanggal. Mereka menulisnya! Hal ini meringankan dan meyediakan otak mereka untuk hal-hal yang lebih penting seperti berfikir. Sehingga terhindar dari kepanikan mendadak seperti menjelang ujian.

Lihat kembali pelajaran anda dan baca catatan dalam kurun waktu 24 jam setelah anda memperolehnya.
Biasanya kita akan melupakan 80% dari apa yang kita baca dan kita dengar dalam waktu 24 jam. Dengan segera melihat kembali (pelajaran dan catatan) maka akan membantu kita membangun sebuah bangunan/gudang pengetahuan yang bisa diisi terus menerus.

Simpan catatan, PR, soal-soal ulangan/ujian, tugas-tugas menjadi satu.
Biasanya seorang murid perlu setengah dari waktunya hanya untuk mencari, menata/mengorganisir semua kertas-kertas sekolah. Lakukan sambil jalan sehingga bisa menggunakan waktu luang yang tersedia untuk berekreasi baik mental maupun fisik

Biasakan belajar secara rutin dan hindari belajar malam.
Cari tempat yang nyaman (namun tidak terlalu nyaman) untuk belajar. Dan selalu belajarlah di tempat itu terus menerus. Jika mungkin belajarlah pada waktu/jam yang sama setiap harinya. Dan ingat orang akan setengah lebih produktif di siang/sore hari dibanding malam.

Mulailah mempersiapkan ujian sejak pertama masuk kelas.
Lakukan apapun mencatat, mengerjakan PR, tugas-tugas, latihan soal-soal sebagai bagian strategi dalam menghadapi ujian. Selalu perhatikan dan tandai soal-soal yang berpotensi muncul dalam ujian. Dan gunakan waktu seminggu sebelum ujian untuk melihat kembali bukan untuk belajar.

Jika menemui kesulitan jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain dan atau guru/pembimbing

-life.arizona.edu-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar